Û Tema
teknologi informasi terbaru di tahun 2012.
I.
Latar
Belakang
Di
era globalisasi, saat ini teknologi informasi semakin berkembang pesat terutama
gadget – gadget saat ini. Fasilitas yang mereka miliki cukup memudahkan kita
dalam mengakses apa yang kita butuhkan. Kini Indonesia merupakan Negara yang cukup
pesat dalam memperdagangkan computer jenis tablet, lebih dari 400.000 lebih
penjualan tablet laris di tahun 2012 ini. Computer jenis tablet ini sangatlah
memudahkan bagi para penggunanya karena bentuknya yang cukup praktis dibawa dan
digunakan dimanapun. Dengan beredarnya computer tablet di Indonesia ini
masyarakat dapat mengakses internet dengan mudah tanpa harus membawa perangkat
– perangkat yang sangat merepotkan.
- Komputer Tablet di Indonesia
Selama
kurun waktu 2012, Indonesia diperkirakan bakal menjadi pasar gemuk untuk
komputer jenis tablet. Jika pada 2011 penjualan komputer tablet itu mencapai
430.000 unit, maka pada 2012 diprediksi melonjak 860.000 unit atau melesat
hingga 100%. Faktor penting pencetus penjualan komputer tablet di Indonesia adalah
realitas hidup masyarakat yang semakin tinggi kebutuhannya terhadap internet.
Sementara itu, tablet merupakan jenis komputer yang bisa diatur sedemikian rupa
untuk terus-menerus terhubung dengan internet. Faktor lain yang tak
kalah pentingnya ialah tablet merupakan komputer yang bersifat multiguna. Di
samping cocok dipergunakan dalam dunia kerja dan pendidikan, tablet bisa dengan
mudah dibawa kemana pun. Dibandingkan komputer jenis lain, tablet memudahkan
dan bahkan 'memanjakan' penggunanya.
Sebagaimana
diketahui, komputer tablet baru masuk ke pasar Indonesia pada kuartal ketiga
2010, yaitu sejak peluncuran iPad dari Apple. Dan setelah kemunculan iPad
barulah kemudian hadir Galaxy Tab pada penghujung tahun 2010. Tapi sayangnya,
hingga saat ini penyebaran komputer tablet masih berkutat di kota-kota besar
semacam Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan. Hingga saat ini,
tercatat 36 merek tablet beredar di Indonesia. Samsung tampil sebagai penguasa
pasar. Persis sebagaimana dikemukakan Mobile Phone Business Director PT Samsung
Electronics Indonesia Budi Janto, selama 2011 Samsung berhasil menguasai 50%
pasar tablet Indonesia. Tablet Samsung yang terkenal dengan sebutan Galaxy Tab
berhasil menorehkan angka penjualan sebanyak 215.000 unit selana 2011. Samsung
memiliki tujuh tablet, diantaranya Galaxy Tab, Galaxy Tab 8.9, Galaxy Tab 10.1,
termasuk Galaxy Tab 7 Plus yang diluncurkan November 2011. "Pasar tablet
tahun lalu saja tumbuhnya hingga 400% 500%," kata Budi.
II.
Kesimpulan
Sesungguhnya,
pasar tablet di Indonesia bisa tumbuh hingga 200%, atau bisa menyentuh angka
penjualan 1,2 juta unit. Dengan syarat, ada upaya pemasaran secara gencar ke
wilayah 'secondary city', yaitu kota-kota di luar Jakarta, Bandung, Semarang,
Yogyakarta, Surabaya, dan Medan. Masyarakat pada kawasan 'secondary city' itu
juga telah melek internet.
Khusus bagi dunia pendidikan, komputer tablet memiliki
kegunaan yang signifikan untuk mempermudah proses penelitian berbasis internet.
III.
Daftar
pustaka
• Bonus new member 20%
BalasHapus• Bonus Next Deposit 10%
• Bonus rollingan poker sampai 0,5%
• Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
• Bonus Cashback 5-10 %
• Bonus Menang 7x sabung ayam sv388