Selasa, 25 Juni 2013

Pengertian shell, batch konsol, kernel !

Shell adalah salah satu jenis program asli sistem operasi (seringnya merupakan program yang terpisah dari inti sistem operasi) yang menyediakan komunikasi langsung antara pengguna dan sistem operasi. Shell merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman. Shell memiliki sebuah keunikan tersendiri, Karena berjalan disebuah platform Linux atau Unix, dan memiliki konsep perintah tingkat tinggi. Shell juga dikenal dengan bahasa “command line processing” ini karena sintak yang digunakan di dalam pemrograman shell merupakan perintah-perintah dasar dari Linux atau Unix. Selain itu juga sintak Shell dapat langsung dieksekusi langsung pada terminal. Batch adalah Perintah untuk menjalankan sekumpulan perintah Recovery Console yang ada disebuah file teks. 

Contoh :

?
batch runme.txt postrun.txt
?

artinya, perintah batch akan menjalankan perintah yang sudah ditulis didalam file input runme.txt, sedangkan file postrun.txt sendiri akan dibuat secara otomatis sebagai output file.
Console adalah sebuah shortcut yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah-perintah tertentu pada OS Linux kalau Dalam Windows biasanya disebut DosPrompt.  

Batch console adalah suatu proses yang dilakukan secara kelompok yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah-perintah di sebuah file text tertentu pada OS Linux. 

Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman. Karena akses terhadap perangkat keras terbatas sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar