Jumat, 19 Oktober 2012

Teknologi interface dan lingkungan komputasi


Teknologi interface (antarmuka) merupakan pengubung antara dua system atau alat. Media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Beberapa teknologi yang terkait dengan antarmuka telematika misalnya :

a.      Head-Up Display System
Setiap tampilan transparan yang menyajikan data tanpa mengharuskan pengguna untuk melihat dari sudut pandang yang biasa mereka. Asal usul nama berasal dari pilot yang dapat melihat informasi dengan kepala "up" dan melihat ke depan, bukannya miring ke bawah melihat instrumen yang lebih rendah.

b.      Tangible User Interface
Antarmuka pengguna di mana seseorang berinteraksi dengan informasi digital melalui fisik lingkungan. Nama awal Graspable User Interface, yang tidak lagi digunakan.

c.       Computer Vision
Ilmu dan teknologi mesin yang melihat, di mana lihat dalam hal ini berarti bahwa mesin mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Sebagai suatu disiplin ilmu, visi komputer berkaitan dengan teori di balik sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar. Data gambar dapat mengambil banyak bentuk, seperti urutan video, pandangan dari beberapa kamera, atau data multi-dimensi dari scanner medis. Sebagai disiplin teknologi, visi komputer berusaha untuk menerapkan teori dan model untuk pembangunan sistem visi komputer.

d.      Browsing Audio Data
Merupakan metode jaringan yang digunakan untuk browsing video atau audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera.

e.       Speech Synthesis
Hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Sebuah sistem komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut synthesizer pidato, dan dapat diimplementasikan dalam perangkat lunak atau perangkat keras . Sebuah teks-to-speech (TTS) sistem mengkonversi teks ke dalam pidato bahasa normal; sistem lain membuat representasi linguistik simbolik seperti transkripsi fonetik pidato. Speech Synthesis dapat dibuat dengan menggabungkan potongan pidato direkam yang disimpan dalam database.
Sistem berbeda dalam ukuran unit pidato disimpan, sebuah sistem yang menyimpantelepon atau diphones menyediakan berbagai keluaran terbesar, tapi mungkin kurang jelas. Untuk domain penggunaan khusus, penyimpanan seluruh kata-kata atau kalimat memungkinkan untuk output berkualitas tinggi. Atau, synthesizer dapat menggabungkan sebuah model dari saluran vokal dan karakteristik suara manusia untuk membuat yang benar-benar "sintetik" output suara.

f.        Speech Recognition 
Dikenal sebagai Automatic Speech Recognition atau Computer Speech Recognition) mengkonversi berbicara kata-kata untuk teks. Istilah "suara" pengakuan kadang-kadang digunakan untuk merujuk ke sistem pengakuan yang harus dilatih untuk sebagai speaker adalah kasus khusus untuk pengenalan perangkat lunak desktop yang paling. Mengenali pembicara dapat menyederhanakan tugas menerjemahkan pidato. Speech recognition adalah solusi yang lebih luas yang mengacu pada teknologi yang dapat mengenali pidato tanpa ditargetkan pada pembicara tunggal seperti pusat panggilan sistem yang dapat mengenali suara sewenang-wenang. 
Lingkungan komputasi adalah suatu lingkungan di mana sistem komputer digunakan. Seiring dengan perkembangan teknologi maka komputasi tradisional sekarang sudah meliputi penggunaan teknologi jaringan yang diterapkan mulai dari desktop hingga sistem genggam. Perubahan yang begitu drastis ini membuat batas antara komputasi tradisional dan komputasi berbasis jaringan sudah tidak jelas lagi. Perusahaan memperoleh informasi akurat dan tepat waktu, respon cepat kebutuhan pelanggan menjadi faktor penting dalam kesuksesan bisnis. Untuk memastikan bahwa staf dari waktu, ruang dan kondisi jaringan tetap, mudah dan aman terhubung ke kantor pusat aplikasi, akses informasi dan data dan panggilan berbagai peralatan, perusahaan membutuhkan lingkungan kerja yang lebih kompleks untuk lebih banyak pengguna sumber informasi beberapa menyediakan kemampuan untuk menghubungkan.
Sebagai teknologi terus memperkenalkan sistem informasi baru menjadi lebih kompleks, dikombinasikan dengan fasilitas aplikasi, platform, standar dan arsitektur jaringan keanekaragaman untuk realisasi akses informasi perusahaan telah membawa kesulitan lebih. Di sisi lain, di luar LAN perusahaan juga perlu untuk melindungi data yang sensitif. Oleh karena itu, banyak perusahaan telah dengan lebih sumber daya manusia dan material untuk memastikan keselamatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar