Jumat, 09 Desember 2011

Tugas B.Indonesia 1


1.    Perbedaan penggunaan EYD pada koran yang tebilang mahal dan murah!!!

A.    KOMPAS (Rp.3500,-)
Membahas tentang INTERNASIONAL

Ma Jumpa Utusan China
Puluhan Ribu Demostran Protes Pertemuan Bersajarah Itu
TAIPEI, KAMIS – Presiden Taiwan Ma Ying-jeou mengukir sejarah hari kamis (6/11) ketika dia berjabat tangan dan bertukar cendera mata dengan Chen Yunlin, pejabat senior China. Ini pertamakalinya seorang Presiden Taiwan berjabat tangan dengan seorang pejabat dari China daratan.
Pertemuan Ma dan Chen ini berlangsung di tengah puluhan ribu demostran Taiwan anti China berunjuk rasa di lapangan depan kantor kepresidenan di pusat Taipei. Terjadi bentrokan antara demostran dan polisi. Chen merupakan pejabat paling senior di China yang mengunjungi Taiwan. Sebelum perjumpaan Ma dan Chen, Taiwan dan China sepakat menjalin kerja sama ekonomi. Kerja sama akan diperluas dikemudian hari. Acara Ma dan Chen itu berlangsung lima jam lebih awal dari yang direncanakan untuk menghindari demonstrasi penuh kekerasan oleh kelompok-kelompok prokemerdekaan Taiwan. Demonstran mengancam akan mengepung Taipei. Ratusan polisi antihuru-hara menutupi jalan-jalan di sekitar tempat pertemuan dengan barikade kawat berduri. Selama pertemuan lima menit itu, Presiden Taiwan Ma Ying jeou memuji kesepakatan bersejarah yang ditandatangani kedua pihak yang berseteru sejak tahun 1949 itu, Selasa. Kesepakatan itu meningkatkan hubungan penerbangan dan pelayaran, juga termasuk langkah untuk kerjasama yang lebih baik bagi isu-isu keamanan pangan.
Kedua pihak memutuskan untuk mengadakan pembicaraan setiap enam bulan. Dalam pertemuan nanti, kedua pihak akan membahas isu-isu keuangan. Akn tetapi, Ma menambahkan “Kami tidak bisa membantah bahwa masih ada perbedaan dan tantangan-tantangan, terutama mengenai keamanan dan status internasional Taiwan”. China masih mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya yang melepaskan diri. Beijing bertekad merebut kembali Taiwan, termasuk dengan cata-cara militer. Karena itu Chen kemarin tidak pernah menyebut “tuan presiden” saat bertemu Ma. Chen yang merupakan pejabat China yang menandatangani hubungan dengan Taiwan, tiba hari Senin untuk sebuah kunjungan lima hari kedatangan Chen dikecam kelompok prokemerdekaan Taiwan. Beijing selalu mengancam akan menyerang Taiwan apabila Taipei memproklamasikan kemerdekaannya.

Tak singgung politik     
Kedua pihak berusaha keras menghindari isu politik. Namun, banyak warga Taiwan menghawatirkan kebijakan Presiden Ma yang lebih dekat dengan China akan membahayakan posisi otonomi pulau itu. “Taiwan, China, masing-masing Negara terpisah (selat)”  sebagian demonstran. Sebagian demonstran bentrok dengan polisi saat berusaha melewati brikade kawat berduri. Laporan televise menyebutkan sedikitnya dua orang ditangkap karena menyerang polisi. Demonstran dilaporkan melempar barisan polisi dengan telur dan botol air. Polisi tetap bertahan dengan tameng dan helm putih. Pihak penyelenggara aksi demnonstrasi memperkirakan ada 100.000 orang yang terlibat dalam aksi menentang China itu. Polisi tak mau mengkonfirmasikan beberapa jumlah demonstran. Mereka hanya mengerahkan 3.000 personel untuk menghadapi demonstran.
Para demonstran itu marah karena pertemuan Ma dengan Chen diajukan beberapa jam menyusul pecahnya bentrokan diluar hotel tempat Chan menginap. Aksi ini membuat Chen berdiam di hotel hingga Kamis dini hari.(AP/AFP/DI)

NO
EYD
PEMBENARAN
ANALISIS / ALASAN
1.
Acara Ma dan Chen itu berlangsung lima jam lebih awal.

Penggunaan waktu dalam kalimat ini seharusnya tidak berbeda satu sama lain.
   2.
Selama pertemuan lima menit itu, Presiden Taiwan,

Penggunaan waktu dalam kalimat ini seharusnya tidak berbeda satu sama lain.
   3.
Polisi tetap bertahan dengan tameng dan helm putih.
perisai
Polisi tetap bertahan dengan perisai dan helm putih.

Penggunaan EYD yang digunakan dalam kalimat yang terdapat pada Koran diatas sangatlah baik, mereka menggunakan EYD, kata yang baku serta bahasa yang sangat tepat dan dimengerti oleh pembacanya. Pemilihan katanya juga tidak berbelit belit melaikan langsung pada inti pokok permasalahannya. Walupun ditemukan satu atau dua kalimat yang diksi, tetapi kesalahan yang terdapat pada kata dan kalimat dikoran ini hampir tidak terlihat melainkan sangat baik .




B.    WARTA KOTA (Rp.1500,-)
Membahas tentang INTERNASIONAL

Islam China Rayakan Idul Adha Senin
Xinjiang, Senin - UMAT Muslim di China, khususnya di Provinsi Ningxia dan Xinjiang melakukan shalat Idul Adha, Senin, 7 November, dan mendapatkan libur selama empat hari di Ningxia dan tiga hari di Xinjiang, dua kawasan China yang didominasi umat Muslim.
            “Seluruh kantor pemerintahan libur selama empat hari untuk menghormati etnis Hui, sebagai etnis mayoritas di Niangxia dimana etnis Hui identik dengan Muslim, “kata wakil dewan agama Niangxia, Li Wen Ming, saat jumpa pers dengan para wartawan Indonesia dan Malaysia di Yinchuan, Ningxia, senin (7/11). Libur empat hari pada hari raya Idul Adha di profinsi Ningxia adalah untuk menghormati etnis Hui sebagai etnis mayoritas di sini. Dari jumlah penduduk Ningxia 6,3 juta orang, populasi etnis Hui mencapai 2,25 juta yang semuanya beragama Islam atau Muslim, katanya. Sementara itu di Xinjiang libur selama tiga hari berturut-turut. Masjid Idkah, salah satu Masjid terbesar di China, di kota Kashgar, Provinsi Xinjiang, siap menerima sekitar 100.000 orang yang melakukan shalat sunat Idul Adha.
“Tahun lalu ada sekitar 100.000 orang yang melakukan shalat Idul Adha di sini,” kata imam Masjid Idkah, Kasghar, Ilma. Di Kashgar, kota strategis dalam jalur sutra ini, rakyat etnis Uyghur yang dominan di Provinsi Xianjiang akan merayakan Idul Adha dengan menari dan bernyanyi di tempat umum. Masjid Idkah memiliki halaman luas di tengah kota yang biasanya juga di gunakan masyarakat etnis Uyghur merayakan libur Idul Adha, dengan merayakan libur Idul Adha dengan menari dan menyanyi. Berbeda dengan Xinjiang dengan etnis Uyghur, di Provinsi Niangxia, etnis Hul yang beragama Islam merayakan Idul Adha dengan memasak daging kurban dan dimakan bersama keluarga. Hanya Propinsi yang diberikan otonomi khusus karena mayoritasnya Muslim saja yang libur berkaitan dengan Idul Adha. Propinsi lainnya tidak libur. Walaupun di bawah pemerintahan partai komunis China, namun kehidupan beragama Islam di Propinsi yang etnis mayoritasnya Muslim dapat berkembang baik. Banyak terdapat Masjid di propinsi Xinjiang dan Ningxia. Di provinsi Ningxia dengan populasi Muslim 2,25 juta dari total penduduk 6,3 juta, terdapat sekitar 3.700 Masjid dan sekolah agama Islam. Bahkan di Kashgar, salah satu kota di provinsi Xinjiang, nama toko, perkantoran, jalan dan petunjuk jalan menggunakan bahasa Arab, bahasa Mandarin, dan bahasa Inggris.
Islam di China setidaknya sudah ada sekitar 1.400 tahun yang lalu, kemudian berkembang dan mempengaruhi kebudayaan China. Populasi warga Muslim tersebar di hampir semua provinsi Negara China, dengan konsentrasi terbanyak di provinsi Xinjiang, Ningxia, Gnsu dan Qinghai, yang dikenal dengan sebut “Sabuk Quran”. Wilayah itu berbatasan dengan Asia Tengah, Tibet dan Mongolia. Jumlah polulasi umat Muslim China diperkirakan antara 1 sampai 2 persen pada tahun 2009, yang kurang lebih sekitar 20 juta orang. Beberapa waktu lalu sempat terjadi kerusuhan etnis yang bernuansa agama di Xinjiang.(Ant/put)   


NO
EYD
PEMBENARAN
ANALISIS / ALASAN

1.
Idul Adha di profinsi Ningxia adalah untuk menghormati etnis Hui



2.
halaman luas di tengah kota yang biasanya juga di gunakan masyarakat etnis
Umum
halaman luas di tengah kota yang umum  juga di gunakan masyarakat etnis
3.
Hanya Propinsi yang diberikan otonomi khusus
provinsi
Hanya Provinsi yang diberikan otonomi khusus

4.
mayoritasnya Muslim saja yang libur berkaitan dengan Idul Adha
dicutikan
mayoritasnya Muslim saja yang dicutikan berkaitan dengan Idul Adha

5.
kata imam Masjid Idkah, Kasghar, Ilma. Di Kashgar, kota strategis dalam jalur sutra ini, rakyat etnis Uyghur yang dominan di Provinsi Xianjiang

Dalam kalimat tersebut terlalu banyak menggunakan tanda koma (,)

6.
di Propinsi yang etnis mayoritasnya Muslim dapat berkembang baik
provinsi
di Provinsi yang etnis mayoritasnya Muslim dapat berkembang baik

7.
terdapat Masjid di propinsi Xinjiang dan Ningxia
provinsi
terdapat Masjid di provinsi Xinjiang dan Ningxia

8.
Islam di China setidaknya sudah ada sekitar 1.400 tahun yang lalu
Berdiri
Islam di China setidaknya berdiri sekitar 1.400 tahun yang lalu

9.
konsentrasi terbanyak di provinsi Xinjiang, Ningxia, Gnsu dan Qinghai, yang dikenal dengan sebut “Sabuk Quran”
Terkenal, sebutan
konsentrasi terbanyak di provinsi Xinjiang, Ningxia, Gnsu dan Qinghai, yang terkenal dengan sebutan “Sabuk Quran”

10.
diperkirakan antara 1 sampai 2 persen pada tahun 2009, yang kurang lebih sekitar 20 juta orang
Kurang lebih
diperkirakan antara 1 sampai 2 persen pada tahun 2009, yang kurang lebih sekitar 20 juta orang


Penggunaan EYD yang digunakan dalam kalimat pada Koran diatas kurang baik, mereka banyak menggunakan EYD yang tidak tepat, kata yang kurang baku serta bahasa yang kurang dimengerti oleh pembacanya. Pemilihan katanya sedikit berbelit belit melaikan tidak pada inti pokok permasalahannya. Sedikit banyak ditemukan kata – kata yang kurang baku serta rancu, terdapat pada kalimat di atas. Pengunaan bahasa yang di gunakan tidak cukup baik dan sulut untuk dimengerti oleh pembacanya, saran saya lakukan perbaikan kata – kata seperti penggunaan EYD yang baik, kata – kata yang baku serta kalimat yang mudah dimengerti oleh pembacanya. Agar informasi yang disampaikan dapat diserap dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar